Dinacharya

Salah satu tujuan daripada Ayurveda yaitu untuk menjaga kesehatan pada orang-orang yang benar-benar sehat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, di dalam Ayurveda ada beberapa jalan diantaranya yaitu dinacharya. Dhinacharya ini terdiri dari 2 suku kata yaitu dina yang artinya hari, keseharian, sehari-hari dan charya/acharya yang artinya kegiatan, prosedur, rutinitas. Dari sini kita dapat mengartikan dinacharya sebagai prosedur, rutinitas sehari-hari/setiap hari yang di atur dalam Ayurveda. Dengan  kata lain, Dinacharya mengacu pada rekomendasi rutin harian berdasarkan ayurveda yang mendidik bagaimana cara hidup lebih sehat, lebih bahagia dan hidup lebih lama serta untuk mencegah penyakit. Dinacharya atau rutinitas harian sebisanya dilakukan oleh setiap individu, tidak peduli tipe tubuh, usia, atau jenis kelamin. Namun tetap harus digaris bawahi bahwa hanya orang yang sehat yang direkomendasikan untuk melakukan dinacharya ini. Meskipun kita semua memiliki kebutuhan yang unik, diketahui bahwa setiap orang akan mendapat manfaat dengan menciptakan rutinitas yang konsisten dan sehat dalam hidup kita.

Rutinitas harian Ayurveda atau dinacharya ini membantu menjaga keseimbangan dan harmoni dalam tubuh dan alam dengan mengatur jam biologis dan menganjurkan gaya hidup sehat. Ini juga membantu dalam proses pencernaan, penyerapan, dan asimilasi makanan. Disiplin yang kita terapkan dalam rutinitas sehari-hari juga dapat meningkatkan kebugaran dalam tubuh kita, membawa kebahagiaan, dan meningkatkan umur panjang.

Tujuan

Ilmu yang sudah bnyak dikenal di negara sahabat ini tentunya mempunyai segudang tujuannya. Dinacharya membantu menjaga tubuh dan pikiran kita. Rutinitas harian yang berdasarkan Ayurveda sangat mementingkan kebersihan tubuh, meningkatkan ketajaman 5 organ indera dan juga menjaga tubuh tetap sehat. Sehat dalam Ayurveda itu bukan berarti hanya saat kita terbebas dari penyakit saja melainkan saat fungsi organ tubuh kita seimbang dan saat semua organ bekerja sesuai dengan porsinya. Contohnya saja zat-zat sisa dalam tubuh yang memang harus di buang bias lancar terbuang dalam per harinya secara normal, tidak lebih dan tidak terlalu sedikit.

Selain dalam lingkup kesehatan tubuh, Dinacharya juga dapat membuat kita mendisiplinkan waktu terbaik untuk rutinitas harian kita, seperti bangun tidur, berolahraga, mandi, meditasi, doa, makan, belajar, bekerja, relaksasi, dan tidur. Dengan belajar mendisiplinkan kegiatan sehari-hari secara rutin dan teratur, sama artinya dengan kita belajar mendisiplinkan waktu kita. Hal ini diperlukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga bertujuan untuk kesehatan pikiran, dan jiwa. Dalam setiap step-step dari dinacharya, tentunya akan memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Namun untuk tujuannya secara umum tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan dalam tubuh kita.

Apa saja sih rutinitas sehari-hari yang berdasarkan Ayurveda?

Banyak sekali rutinitas berdasarkan Ayurveda yang sudah di terapkan dalam keseharian kita. Namun, ada beberapa rutinitas juga yang mungkin masih awam dengan hidup kita. Dalam artikel-artikel ini akan kami bahas secara terperinci beberapa contoh kegiatan sehari-hari yang sudah di jabarkan dalam Ayurveda;

Brahma Muhurta (Jam bangun pagi)

Dalam Ayurveda, setiap individu dianjurkan untuk bangun subuh sekitar jam 4.30 waktu setempat. Hal ini dinamakan Brahma Muhurta. Brahma Muhurta ini sendiri berasal dari 2 urat kata yaitu Brahma yang artinya ilmu pengetahuan, dan muhurta artinya satuan waktu yang mana 1 muhurta berarti 48 menit. Dari kedua kata tersebut kalua digabungkan artinya bukan berarti satuan waktu ilmu pengetahuan melainkan bermakna sebagai 48 menit sebelum matahari terbit adalah waktu yang sangat tepat untuk menyerap ilmu pengetahuan. Dari makna ini kita bias mengambil kesimpulan bahwa bangun pagi sebelum matahari terbit itu sangatlah baik untuk tubuh dan juga pikiran kita.

Banyak sekali versi-versi waktu dalam brahma muhurta. Sebagian orang suci/ guru menyebutkan jam 4.30 pagi adalah waktu yang tepat, sebagian orang lagi ada yang berpendapat jam 5.30 pagi adalah waktu yang tepat bahkan menurut Rsi ataupun beberapa sumber menyebutkan bahwa brahma muhurta adalah waktu yang menunjukkan diantara pukul 3 dan 4 pagi. Lalu mana yang benar?

Untuk pendapat-pendapat tersebut sebenarnya bisa dilakukan kedua-duanya. Mengapa? Karena keduanya adalah waktu sesaat matahari belum terbit. Untuk wilayah tertentu bias kita temui bahwa sekitar pukul 5 pagi, matahari sudah mulai muncul, namun di beberapa tempat ada juga yang pukul 6 pagi matahari baru nampak. Sehingga kesimpulan dari brahma muhurta ini yaitu bangunlah sebelum matahari terbit.

 Benjamin Franklin dari polymath of America mengatakan bahwa “The early morning has gold in its mouth,” yang berarti bangun di pagi hari memiliki manfaat yang sangat besar diantaranya adalah;

  1. Peningkatan produktivitas karena kita mendapatkan lebih banyak jam kerja.
  2. Mengurangi tingkat stress
  3. Meningkatkan kepositifan dalam pikiran.

Apa saja keuntungan bangun pagi?

Seperti yang sudah kita bahas bersama sebelumnya, bahwa di waktu sebelum matahari terbit, adalah waktu yang tepat untuk menyerap ilmu pengetahuan. Dari sini kita mengerti bahwa brahma muhurta dapat menajamkan pikiran kita. Dari sinilah fungsi indra kita juga akan semakin tajam sehingga fungsi-fungsi tubuh lainnya juga dapat meningkat.

Menurut International Journal of Yoga and Allied Sciences, selama periode sebelum fajar, terdapat ketersediaan oksigen yang baru lahir di atmosfer. Oksigen yang baru lahir ini mudah bercampur dengan hemoglobin yang membentuk oksihemoglobin, yang memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan
  2. Meningkatkan tingkat energi
  3. Membantu menjaga keseimbangan pH darah
  4. Meredakan nyeri, pegal, dan kram
  5. Meningkatkan penyerapan mineral dan vitamin

Apa saja yang bisa kita lakukan setelah bangun sepagi itu?

Bangun dengan jam-jam seperti itu tidak serta merta untuk tidur lagi. Maksudnya ada beberapa kegiatan yang pas dan cocok sambil menunggu kegiatan selanjutnya. Disini ada beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan setelah bangun pagi yaitu;

  1. Bermeditasi
  2. Mengingat Tuhan/orang tua/guru kita
  3. Belajar dan/atau Mendengarkan ilmu pengetahuan
  4. Membuat planning atau rencana untuk hari ini
  5. Instropeksi ke diri sendiri

Selain itu ada 2 hal penting juga yang selayaknya tidak dilakukan setelah bangun sepagi ini, yaitu;

  1. Makan
  2. Melakukan kegiatan yang menimbulkan pikiran stress

Haruskah setiap orang bangun di Brahma Muhurta?

Menurut Ashtanga Hridaya, hanya orang sehat yang harus bangun di Brahma Muhurta. Teks tersebut melarang orang-orang berikut ini untuk bangun di Brahma Muhurta:

  1. Wanita hamil
  2. Anak-anak di bawah 6 tahun
  3. Orang yang menderita penyakit fisik dan mental
  4. Orang yang makanan sebelumnya belum dicerna (Tidak ada pergerakan usus menunjukkan makanan yang tidak tercerna).

Nah, sudah bisa di pahami tentang bangun lebih awal kan, selanjutnya tinggal kita praktekkan saja.

Semangat hidup sehat.

Beberapa rangkaian dinacharya lainnya yang sesuai dengan Ayurveda akan kita bahas satu persatu di artikel selanjutnya.

Refrensi

https://search.yahoo.com/search?fr=mcafee&type=E211US885G91410&p=benefit+dinacharya

https://www.ayurhelp.com/articles/benefits-ayurvedic-daily-routine-or-dinacharya#A

https://www.artofliving.org/in-en/lifestyle/well-being/know-about-brahma-muhurta

https://search.yahoo.com/search;_ylt=Awr9Hr5S6EFgjlAAV82JzbkF?p=brahme+muhurte&fr=mcafee&fr2=p%3As%2Cv%3Ai%2Cm%3Apivot&stype=web

Astanga Hrdayam, bab 2, Dinacharya Adhyaya

One thought on “Dinacharya


  1. Mantap, kita yang sehat harus bangun lebih awal.
    Terimakasih pak dok, atas masukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *