UṢHA JĀLAPĀNA, SEDERHANA TAPI BANYAK MANFAATNYA

minum air

Dalam pengetahuan modern, air mempunyai peran penting dalam seluruh kerja tubuh. Apabila jumlah air yang diminum tidak cukup, masalah kesehatan akan datang. Akan tetapi masih banyak orang tidak menjadikan kebiasaan minum air menjadi kebiasaan sehari-hari dan mengabaikannya. Bagaimana dengan peran meminum air dalam kehidupan sehari-hari menurut Ayurveda?

UṢHA JĀLAPĀNA

Bhava Prakasha meyebutkan bahwa salah satu kebiasaan hidup yang baik adalah Uha Jālapāna, meminum air saat fajar. Tujuan dari Uha Jālapāna adalah menghidrasi tubuh setelah tidur semalaman. Air yang disimpan semalaman harus diminum sebelum berkumur, menggosok gigi, juga buang air kecil ataupun buang air besar. Selagi minum air, selalu duduk dengan kaki bersilang. Minum dengan perlahan, sedikit demi sedikit. Jangan minum dalam sekali teguk dan dalam posisi berdiri. Setelah meminum air, jangan meminum minuman lain atau makan apapun. Uha Jālapāna harus dilakukan setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Air dalam Ayurveda disebut sebagai Amṛtopama, “Nectar of Life”. Air bersifat Jīvana (menghidupkan), Tarpana (mengenyangkan), Hṛdya (baik untuk jantung). Śramaprāsana (menghilangkan kelelahan), Buddhiprabhodana (menstimulasi pikiran), Laghu (mudah dicerna), Hlādi (menyegarkan), dan menyeimbangkan Tri Dosha dalam tubuh.

AIR YANG DIGUNAKAN

Air yang digunakan tidak boleh berbau, berubah warna, dan mempunyai rasa. Jangan gunakan air yang tercampur dengan lumpur, berwarna keruh, tertutup lapisan lumut. Air yang tidak terpapar sinar matahari, bulan, juga angin adalah air yang tidak baik untuk dikonsumsi. Gunakan air yang disimpan dalam gelas tembaga atau kuningan. Di cuaca yang sangat  panas gunakan pot tanah liat untuk menyimpan air. Pada saat cuaca dingin atau sedang batuk pilek, gunakan air hangat untuk minum

MANFAAT

Bhava Prakasha menyebutkan bahwa seseorang yang meminum air sebanyak 8 Prasriti (cangkir yang dibuat dengan menggabungkan kedua telapak tangan) setiap fajar, akan terbebas dari segala penyakit. Dia akan hidup 100 tahun, segala kelemahan dan masalah yang muncul di usia tua tidak akan menghampirinya.

Seseorang yang rutin meminum air di pagi hari akan terhindar dari penyakit Arśa (wasir), Shotha (pembengkakan), Jvara (demam), Kushta (penyakit kulit), Medhoroga (kegemukan), penyakit mata juga telinga, dan lainnya.

Dengan banyaknya manfaat, tunggu apalagi? Segera siapkan air minummu malam ini dan jangan lupa untuk meminumnya besok pagi.

REFERENSI

Murthy, K.R. Srikantha. 2007. Vāgbhaa’s Aṣṭāñga Hdayam. Varanasi: Chaukambha Krisnadas Academy.

Rao, Mangalagowri V. 2006. A Text Book of Svasthavtta. Varanasi: Chaukambha Orientalia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *