Ayurveda di Indonesia

Ayurveda adalah sistem pengobatan kuno yang terkenal dari Negara India, walaupun begitu, eksistensinya telah menjamur di beberapa negara lain seperti Eropa, Afrika, Australia, Asia dan Amerika. Di Indonesia, Ayurveda terkenal dengan teknik relaksasi, detoksifikasi, terapi kecantikan maupun herbalnya yang ditawarkan oleh pebisnis di bidang pariwisata dan kosmetik, padahal Ayurveda adalah ilmu yang lebih dari sekedar hal yang telah disebutkan tadi. Di India Ilmu Ayurveda telah berada dalam lingkup pendidikan formal sekelas strata satu, pasca sarjana dan juga level doktoral. Ini membuktikan bahwa Ayurveda telah memiliki sistem pendidikan yang jelas, dengan silabus akademik yang lengkap yang tentunya telah didasari oleh berbagai penelitian yang telah diakui di bidangnya, seperti penelitian mengenai efektifitas terapi pengobatanya pada suatu penyakit, penelitian mengenai tanaman herbal yang digunakan dalam pengobatan, serta konsep-konsep klasik yang mendalam yang menjadi acuan dokter-dokter Ayurveda pada umumnya.

Di Indonesia, selain banyaknya pengajar Ayurveda bersertifikat yang menawarkan pelatihan singkat tentang Ayurveda, juga terdapat satu universitas yang membuka fakultas kesehatan Ayurveda sejak tahun 2008 yang terletak di Denpasar, Bali, yaitu Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dibawah naungan Departemen Agama Hindu  Pusat. Dalam lingkungan kampus tersebut juga telah didirikan Griya Sehat Ayurveda, yang merupakan tempat pelayanan kesehatan berbasis ilmu Ayurveda dan Usada lokal Bali.

Hingga saat ini, terdapat tujuh mahasiswa Indonesia yang terdaftar sebagai lulusan akademis formal Ayurveda dari India, yang sekarang ini menjabat sebagai pengurus organisasi ini. Kedepannya diharapkan Ayurveda akan terdaftar sebagai salah satu jurusan akademik formal dalam bidang pengobatan alternatif di Indonesia di bawah Kementerian Kesehatan  Republik Indonesia. Dan dapat dipelajari oleh peminat Ayurveda sebagaimana jurusan pada umumnya di Indonesia.

Lalu, kira-kira apa yang bisa dilakukan oleh praktisi Ayurveda pada masa ini?

Peluang para praktisi Ayurveda di tanah air sangatlah luas, yang utama adalah, membuka kesempatan berbagi ilmu pengobatan Ayurveda dalam wadah akademis formal maupun informal. Praktisi Ayurveda dapat menjadi sumber yang genuine terutama dalam informasi di dalam bidang kesehatan dan referensi untuk pencarian solusi masalah kesehatan. Dengan ilmu dan pengalaman yang telah didapat oleh praktisi Ayurveda Indonesia semasa proses pembelajaran mereka, mereka mampu menjadi pelatih (trainner ) dalam berbagai bidang seperti, ahli nutrisi, ahli herbal, konsultasi tentang body type(karakteristik tubuh) seseorang, terapi kecantikan, ramuan jamu, diagnosa suatu penyakit, metode relaksasi, hubungan penyakit dengan keadaan psikologi seseorang hingga masalah kesehatan lain. Praktisi Ayurveda juga memiliki pengalaman tentang teknik yoga dan hubungannya dengan penyembuhan suatu penyakit. Mereka juga memiliki pengetahuan tentang teknik dasar dalam pembuatan ramuan herbal. Peluang utama dan paling mulia bagi kami sebagai praktisi Ayurveda adalah untuk mengedukasi publik akan pentingnya membangkitkan kesadaran kita akan pentingnya bersahabat dengan alam dan lingkungan sekitar serta mengembalikan keharmonisan tubuh dengan alam berdasarkan ilmu empirical atau tradisi nenek moyang terdahulu.

Indonesia adalah suatu negara yang kaya akan pengetahuan empiris dan masih banyak diterapkan oleh masyarakatnya, oleh karena itu ilmu Ayurveda dirasa cocok untuk dipelajari serta diimplementasikan untuk menambah kekayaan pengetahuan masyarakat dalam menangani masalah kesehatan secara alami. Indonesia juga kaya akan sumber daya alam dengan berbagai macam tanaman obat yang melimpah, hal ini salah satu pendukung penerapan ilmu Ayurveda dengan bahan-bahan lokalnya. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, dimana segalanya dapat dilakukan secara instan dengan bantuan teknologi sehingga menjadikan gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi terabaikan, hal ini tentunya meninggalkan berbagai dampak kesehatan yang semakin lama menjadi hal yang serius jika dilanjutkan. Ayurveda mengarahkan kembali kepada gaya hidup sehat, khususnya pada generasi yang baru yang telah terbiasa dengan era modern ini. Sekarang mulai kita rasakan berbagai dampak yang merugikan generasi kita dan selanjutnya, dan mulai tumbuh kesadaran akan keadaan alam yang harmonis dengan kehidupan mahluk didalamnya adalah impian dunia, maka ini adalah saat yang tepat untuk kita mengacu ajaran-ajaran terdahulu dan kembali memperhatikan hal utama dari sekedar mengejar materi dan kesenangan, yaitu kesehatan badan dan juga mental kita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *