Berkenalan Dengan Ayurveda

mengenal ayurveda

Ayurveda adalah ilmu kesehatan tradisional yang berasal dari India, yang sudah dikenal lebih dari 5000 tahun yang lalu dan pada saat ini merupakan system resmi dibawah kementerian AYUSH (Ayurveda, Yoga dan Naturopathy, Unani, Siddha, Homeopathy) India.

Secara Global Ilmu Ayurveda ini dikenal sebagai ilmu yang membahas tentang pengobatan yang dimana menggunakan bahan alami sebagai media pengobatannya, tidak hanya berasal dari tanaman organic tetapi Ayurveda juga bersumber dari mineral seperti sulfur hingga metal berat seperti merkuri tentunya setelah proses pemurnian dari kandungan racun (toxic) sumber metal dan mineral tersebut.

Pengobatan Ayurveda merupakan pengobatan holistik yang juga mencakup kesehatan fisik, mental serta emosional dan spiritual dalam rangkaian pengobatannya.

Kata Ayurveda berasal dari Bahasa sansekerta yang sebenarnya terdiri dari dua kata, yaitu Ayu yang berarti kehidupan dan Veda yang berarti pengetahuan, Jadi Ayurveda dapat diartikan pengetahuan tentang kehidupan atau ilmu kehidupan. Ayurveda memiliki definisi kesehatannya sendiri yakni.

Sama  dosha samagnisca sama dhatu malakriyaha

Prasanna Atma indriya manaha swastha ityaabhidhiyate.

( Sus. Su. Bab 15/41)

Sehat dalam Ayurveda berarti ketika Tri dosha (3 fungsi unit tubuh), Agni (pencernaan), Dhatu (jaringan pembentuk tubuh), Mala ( pembuangan), Atma (jiwa) Indriya (indera) dan Manah (pikiran ) dalam keadaan harmoni barulah seseorang itu bisa dikatakan sehat.

Salah satu teori yang sangat terkenal dalam Ayurveda adalah Tri dosha, yang merupakan 3 system fungsional tubuh,yakni Vata, Pitta, dan Kapha yang berfungsi sebagai penyangga serta mengontrol system tubuh dalam kehidupan yang pada akhirnya juga bertanggung jawab atas terjadinya penyakit dalam jasmani seseorang.

Tri dosha ini terdiri dari 5 element dasar yang kita sebut Pancha Mahabhuta, yakni terdiri dari Vayu yakni element Ether dan udara, Pitta yakni elemen api dan air, dan Kapha yakni elemen air dan bumi.

Pengobatan Ayurveda memiliki manfaat yang sangat luas untuk kita semua yaitu :

1. Karena konsep Ayurveda adalah pendekatan holistic

2. Karena mengajarkan kita untuk menjaga keharmonisan dengan alam

3. Pendekatan dengan konsep natural, mengobati dengan bahan natural dan menjaga kesehatan dengan terapi-terapi natural

4. Bahan- bahan obat Ayurveda bisa didapat dengan mudah di lingkungan sekitar dan pemprosesannya juga tidak membutuhkan teknologi tinggi

5. Memiliki konsep pendetoksifikasian system tubuh untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit yaitu terapi panca karma

6. Moto Ayurveda yang utama adalah tidak sekedar mengobati penyakit tetapi juga mencegah penyakit dan menjaga kesehatan

(“Svasthasya svastha raksyanam aturasya vikara prasamanam”) Cha. Sutra 30/26

Ayurveda memiliki 8 cabang yang dikenal sebagai Astangga Ayurveda dimana cabang ini menjadi spesialisasi dalam Ayurveda ke 8 cabang tersebut adalah:

Kaya bala graha urdwangga  salya damstra jara

Vrushan Astavanggani tasyahu cikitsa yeshu samsrita

(A.H. 1/5)

1.  Kaya adalah cabang ilmu yang menjelaskan tentang kesehatan dan penyakit secara umum.

2. Bala artinya cabang ilmu kesehatan anak

3. Graha cabang ilmu yang mempelajari penyakit yang timbul karena kerasukan roh jahat, pathogen,microorganism, dll dan terutama berkaitan dengan penyakit mental ( psikiatri)

4. Urdhvangga adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentnag mata (Ophthalmology), telinga (Otology), hidung (Rhinology) tenggorokan (Laryngology) dan gigi (Dentistry)

5. Shalya cabang ilmu perbedahan

6. Damstra adalah cabang ilmu toksikology

7. Jara adalah ilmu untuk perawatan untuk usia tua (gerientology) 8. Vrsa adalah pengobatan mengenai impotency ( tidak bertenaga, sexually lemah), sterility (kemandulan) aphrodisiac ( zat perangsang nafsu birahi)

Ayurveda melihat manusia sebagai mahluk yang unik, yang artinya memiliki struktur dan karakter dasar tubuh yang berbeda-beda, oleh sebab itu penanganan masalah kesehatan individu memiliki cara yang berbeda , baik dari segi obat maupun terapinya

Oleh karenanya sangat penting untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan seseorang langsung dengan ahlinya (dokter Ayurveda) untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *